News

Prakerja Gelombang 14 Dibuka Besok, Begini Cara Daftarnya!

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Prakerja Denni Puspa mengumumkan pendaftaran Prakerja gelombang 14 akan dibuka besok (11/3/2021) mulai pukul 12.00 WIB dengan kuota 600.000 peserta. Pendaftaran dapat dilakukan di situs prakerja.go.id.

prakerja gelombang 14

Calon peserta yang beruntung dan lolos pendaftaran Prakerja gelombang 13, dapat langsung mengklik tombol join batch 14 yang ada pada dashboard yang terdapat pada akung masing-masing. “Yang tidak diterima di gelombang 13 nanti cukup mengklik join batch ke-14,” ujarnya dalam diskusi virtual di Jakarta, Rabu (10/3/2021).

Sebagai bantuan informasi pada dashboard akan ada fitur baru. “Akan ada perbaikan fitur, yang tidak lolos akan diberi tahun di dashboard alasan kenapa tidak lolos.”

Mengenaai keluhan para pendaftar yang gagal setelah berulangkali mendaftar, Denni Puspa menjelaskan.

“Kami beri informasi barangkali NIK (Nomor Induk Kependudukan) masih tercatat di Kementerian Pendidik. Kalau seperti itu statusnya masih aktif kalau sudah lulus kuliah silahkan hubungi perguruan tinggi, nanti perguruan tinggi akan meng-update (memutakhirkan),” jelasnya.

“Mohon sabar semua manajemen pelaksana hanya menggunakan NIK dari kementerian dan lembaga. Untuk validasi bisa hubungi kementerian lembaga terkait yang memiliki pengelola data tersebut.”

Sebagai informasi, para peserta Prakerja akan mendapatkan manfaat sebesar Rp 3,55 juta. Terbagi ats Rp 1 juta dalam bentuk biaya pelatihan online. Rp 2,4 juta insentif dana tunai yang dibagikan masing-masing Rp 600 ribu dalam empat bulan dan biaya survei sebesar Rp 150 ribu untuk tiga kali survei.

Cara Daftar Prakerja Gelombang 14

1. Pendaftar membuat akun di laman www.prakerja.go.id. Setelah berhasil mendaftar, login ke akun, peserta akan dibawa ke dashboard akun. Isi NIK, nomor KK dan tanggal lahir pada bagian verifikasi KTP, lalu klik tombol berikutnya.

2. setelah berhasil melakukan verifikasi NIK, lengkapi data diri dan unggah foto KTP. Selanjutnya, peserta diminta melakukan verifikasi nomor HP. Input kode OTP yang dikirimk via SMS ke nomor HP kamu. dan, klik verifikasi.

3. Jawablah pertanyaan-pertanaay yang tersedia.

4. Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar, hal ini dilakukan guna mengetahui kompetensi dan potensi yang dimiliki calon peserta. Setelah selesai mengerjakan tes, hasil tes akan dievaluasi oleh pihak PMO. Pilihlah gelombang yang kamu inginkan dan jangan lupa sesuaikan dengan domisili kamu, lalu klik gabung. Setelah mengisi gelombang, akan muncul beberapa pernyataan. Klik kolom saya menyetujui agar dapat melangkah ke tahap berikutnya.

5. Jika lolos, peserta dapat memilih jenis pelatihan melalui platform digital mitra kartu prakerja. Saat ini, pemerintah menggandeng 7 mitra platform digital seperti Tokopedia, Kementerian Ketenagakerjaan, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, dan Pijar.

6. Peserta akan diberikan sertifikat elektronik setelah menyelesaikan pelatihan.

7. Peserta akan menerima insentif pasca penuntasan pelatihan secara non tunai melalui dompet elektronik atau rekening bank yang dimiliki peserta sebesar Rp600 ribu per bulan selama empat bulan. Dompet digital yang tersedia dan bekerjasama dengan pemerintah diantaranya adalah Gopay, LinkAja, OVO, dan Dana.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top