Teknologi

Lupa Password HP, Begini Cara Mengatasinya

Lupa Password HP – Tips atasi lupa password HP wajib diketahui oleh siapapun agar dapat memperoleh akses masuk kembali. Ada berbagai macam masalah yang dihadapi oleh para pengguna teknologi smartphone. Salah satunya adalah lupa password atau kata sandi. Masalah tersebut ternyata dapat menimpa siapapun. Tidak terkecuali kamu bukan?

lupa password hp oppo

Tips atasi lupa password HP

Mengunci atau mengamankan smartphone sendiri memang menjadi salah satu cara yang banyak digunakan baik untuk user Android maupun iOS. Adapun cara untuk mengamankan smartphone sudah beragam mulai dari pola, PIN hingga menggunakan sensor sidik jari. Kegiatan tersebut berguna untuk mengamankan data atau file penting didalam ponselmu. mengingat semakin banyaknya pencurian data smartphone dari pihak tidak bertanggung jawab.

Sayangnya, tidak sedikit dari masyarakat mengalami masalah ketika memutuskan

untuk mengamankan HP mereka dengan mengggunakan password. Seperti lupa kata sandinya. Ini jelas menyebabkan menu-menu didalam ponselmu tidak dapat diakses. Tapi kamu jangan buru-buru panik dulu, karena kami mempunyai beberapa tips mengatasi lupa password HP dengan mudah dan cepat.

Tips Atasi Lupa Password HP dengan Mudah

Banyak orang yang lupa akan kata sandi untuk masuk dalam sebuah akun, berikut cara untuk mengatasi hal tersebut:

  1. Gunakan android device manager. 

Cara untuk membuka password pada smartphone yang lupa, pertama adalah dengan mengggunakan android device manager. Ini merupakan sebuah layanan resmi yang dibuat oleh pihak google. Cobalah untuk meminjam ponsel teman atau laptopmu untuk membuka browser guna mengakses layanan tersebut.

Jika sudah, kamu bisa langsung masuk dengan menggunakan akun google yang sama seperti dengan HP mu yang bermasalah tadi. Pastikan juga ponselmu telah terhubung dengan jaringan internet. Apabila sudah login, user bisa langsung memilih opsi lock. Masukkan kata sandi baru sebanyak 2 kali. Maka ponselmu sudah bisa dibuka kembali.

  1. Menggunakan fitur forgot pattern

Apabila smartphone kamu masih menjalankan sistem OS android Kitkat atau lebih rendah, maka keberadaan fitur forgot pattern dapat membantu untuk mengatasi lupa password tersebut. cobalah memasukkan password secara random sebanyak 5 kali dan langsung pilih fitur forgot pattern. Kamu tinggal mengikuti instruksi didalamnya

  1. Gunakan ABD untuk menghapus password

Tips atasi lupa password HP berikutnya adalah dengan menggunakan ADB debugging. Tetapi sayangnya, untuk menggunakan tips ini maka ponsel harus dihubungkan ke komputer dengan cara ADB. Cara inipun ternyata juga sudah tidak asing buat pengguna ponsel yang sering melakukan roots.

Adapun langkah-langkah untuk melakukannya yakni menyambungkan HP ke laptop dengan menggunakan USB terlebih dahulu. Buka command promps pada laptop. Jika kesulitan, maka bisa langsung mengetikkan perintah CMD adb shell rm/data/system/gesture.key untuk masuk ke dalamnya. Reboot smartphonemu dan kata sandi sudah tidak ada.

Cara Lain Untuk Membuka Password yang Lupa

Ada juga cara lain yang dapat dilakukan untuk membuka kembali password, berikut adalah caranya:

  1. Cobalah melakukan crash loockscreen

Selain menggunakan tips diatas, kamu juga bisa mencoba untuk membuat crash loockscreen. Metode satu ini dapat dijalankan di android 5.0-5.1.1 Lollipop. Adapun caranya adalah dengan menekan panggilan darurat yang muncul pada layar kunci. Masukkan 10 tanda bintang dan copy hingga karakternya menjadi 2 kali lipat. Jangan lupa ulangi terus.

  1. Masuk ke dalam safe mode

Tips lainnya adalah dengan masuk ke dalam safe mode. Cara ini sendiri dapat dilakukan apabila masalah tersebut datang dari aplikasi pihak ketiga. Disinilah, kamu bisa lakukan boot ke dalam safe mode. Untuk masuk ke dalam safe mode bisa dengan cara menekan dan tahan tombol power hingga muncul restart atau power off.

  1. Reset factory

Apabila cara diatas sudah digunakan tetapi ternyata belum berhasil, maka jalan satu-satunya untuk membuka password atau kata sandi lupa pada smartphone adalah menggunakan reset factory atau reset bawaan pabrik. Tetapi sayangnya, reset factory dapat menyebabkan data-data di ponsel akan hilang.

Lupa kata sandi memang menjadi salah satu masalah yang dapat menimpa siapapun terutama apabila pengguna menggunakan password yang sulit untuk diingat atau terlalu sering mengganti. Tetapi jangan panik dahulu! Tips atasi lupa password HP diatas semoga bisa membantu masalamu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top