Teknologi

Cara Mendeteksi Keylogger di PC

Cara Mendeteksi Keylogger di PC – Peretasan mempunyai berbagai metode untuk bisa mengakses data-data penting pada sistem Anda, salah satunya adalah dengan menggunakan metode keyloggers hacking.

Apa itu keylogger?

Cara Mendeteksi Keylogger di PC

Keylogger adalah jenis perangkat lunak atau perangkat keras yang digunakan untuk menangkap setiap penekanan tombol keyboard pengguna mengetahui riwayat pencarian, melihat isi chat, secara berkala melakukan screen capture pada layar komputer Anda, dan lain-lain.. Kemudian membuat file log (kemungkinan besar dienkripsi) dan mengirimkannya pada siperetas.

 

Bagaimana cara mengetahui apakah keylogger terpasang pada komputer?

1. Pantau aplikasi pada Task Manager

windows-task-manager

Jika aplikasi keylogger sedang beroperasi latar belakang, akan nampak terlihat pada sistem Windows. Buka aplikasi Task Manager dan cari aplikasi yang tidak dikenal.

Jika Anda adalah orang yang mengerti tentang komputer, seharusnya mudah bagi Anda untuk melihat proses yang mencurigakan dalam daftar. Namun, untuk semua orang, kemungkinan menemukannya sangat kecil. Alasannya adalah bahwa pengembang keylogger tidak akan mengidentifikasikan aplikasinya sebagai “keylogger”. Umumnya mereka akan menyamarkan dengan mengidentifikasikan sebagai seperti “system_doc” atau “win_process”.

 

2. Pantau koneksi jaringan menggunakan firewall

Cara Mendeteksi Keylogger di PC

Karena keylogger mencatat aktivitas keyboard, ia mengumpulkannya dan mengirim log ke situs jarak jauh. Ini berarti koneksi internet digunakan untuk mentransfer file ini.

Anda dapat menggunakan aplikasi seperti Windows Firewall Control untuk mencari program yang mengakses koneksi jaringan. Ini juga dapat digunakan untuk menetapkan aturan untuk tidak mengizinkan perangkat lunak yang tidak dikenal atau tidak sah untuk terhubung ke Internet.

Dengan melakukan ini, Anda mungkin dapat menghentikan keylogger apa pun agar tidak mengirim data ke peretas. Namun, metode ini tidak menjamin bahwa Anda telah memblokir proses yang benar. Karena ada banyak cara untuk mentransfer file menggunakan proses yang berbeda,

Cara Menghindari Keyloggers Hacking

  • Jangan membuka atau mengunduh file dari link yang berasal dari sumber yang tidak terpercaya.
  • Gunakan software anti keylogger atau anti spyware, sistem ini akan membantu mendeteksi dan menghapus keylogger hacking pada komputer Anda.
  • Menerapkan autentikasi dua faktor untuk semua akun yang Anda miliki. Autentikasi dua faktor akan memberikan perlindungan ganda pada akun Anda. Ketika Anda mengaktifkan autentikasi dua faktor, sistem akan mengirimkan satu kode untuk masuk ke dalam sistem. Kode tersebut hanya bisa digunakan satu kali sehingga peretas tidak dapat menggunakannya kembali.
  • Lakukan update secara berkala pada sistem operasi, aplikasi, dan browser web yang Anda gunakan.
  • Gunakan password yang kuat berupa kombinasi dari angka, simbol, huruf besar dan huruf kecil. Disarankan password memiliki karakter yang panjang dan tidak menggunakan password yang sama untuk semua akun.

Keyloggers tidak selalu spyware

Dalam kasus di atas, kami menganggap Keylogger sebagai malware yang digunakan untuk memata-matai dan menyalahgunakan data pengguna. Namun keylogger pun dapat digunakan untuk hal lain yang bersifat positif.

Kegunaan lain keylogger adalah dapat dimanfaatkan oleh para orang tuauntuk memantau aktivitas anak-anak mereka. Pengusaha dapat menggunakannya untuk memantau karyawan mereka. Jadi, ada beberapa penggunaan yang legal dan sah juga.

Keylogger tidak terbatas pada perekaman entri keystroke saja. Ia juga mampu mengambil screenshot untuk menangkap lingkungan operasi komputer yang tepat.

Ada perangkat lunak perekam keyboard yang dapat mengontrol webcam dan mengambil gambar pengguna saat bekerja di komputer mereka.

Pada umumnya aplikasi keylogger dipromosikan sebagai alat pemantauan orang tua dan karyawan, akan tetapi seringkali ada kasus dimana digunakan juga untuk memata-matai pacar karena cemburu atau orang yang memanfaatkannya untuk menangkap pasangan yang selingkuh.

Terlepas dari kasus-kasus diatas, Anda tetap harus memastikan perlindungan penuh terhadap keylogger pada PC Anda sebelum terlambat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top