Teknologi

Begini Cara Amankan Akun Twitter Dari Serangan Hacker

Cara amankan akun TwitterTwitter merupakan salah satu platform media sosial yang sangat populer. Aplikasi jejaring sosial ini memudahkan penggunanya dalam berkomunikasi, namun tidak hanya sebagai media komunikasi, Twitter pun menjadi aplikasi yang sangat power full dimanfaatkan sebagai media promosi.

cara amankan akun twitter

Mengingat banyaknya manfaat dari aplikasi sosial media ini, menimbulkan minat dari segelintir orang yang tidak bertanggung jawab untuk memanfaatkannya sebagai sarana memperlancar niat buruk guna mndapatkan keuntungan. Salah satunya adalah hacker atau peretas. Aktifnya pengguna Twitter ini memberikan celah bagi para hacker untuk melakukan tindak kejahatan.

Seperti kata pepatah “Kejahatan muncul karena ada kesempatan”, Hal ini pun terjadi pada praktek-praktek peretasan akun Twitter, peretasan mugkin diawali dari hanya sekedar iseng ajang uji coba keterampilan yang dimiliki namun tidak tertutup kemungkinan aktivitas peretasan ini dilakukan oleh profesional dengan tujuan tertentu.

Cara Amankan Akun Twitter

Sebelum hal ini terjadi pada akun Twitter mu, ada baiknya kita melakukan beberapa langkah pencegahan seperti disarankan Twitter pada pusat bantuannya.

1. Gunakan Kombinasi Password Login Yang Kuat

Untuk mendapatkan kombinasi password yang kuat, perhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Saat anda membuat akun sosial media (bukan hanya untuk twitter saja) pastikan password loginnya terdiri dari kombinasi huruf, angka dan simbol.
  • Semakin panjang kombinasi passwordnya maka semakin kuat.
  • Jangan menggunakan password dengan nama+tanggal lahir, ini kombinasi password yang yang sangat mudah ditebak
  • Gunakan juga password yang berbeda-beda disetiap akun sosial media anda.

2. Menggunakan Mode Verifikasi Saat Login
Manfaatkan fitur Two factor authentication (2FA) nah itu adalah salah satu bentuk mode verifikasi yang bisa anda gunakan untuk mengamankan akun twitter. Dengan menggunakan cara ini, setelah pengguna berhasil login dengan menggunakan password step selanjutnya untuk verifikasi yang dikirimkan ke perangkat anda (biasanya akan dikirimkan ke nomor hp).

3. Tetap Waspada jika ada link / tautan yang mencurigakan
Metode ini lebih dikenal dengan istilah pishing, ketika mendapatkan url ata link, pastikan domain utamanya adalah twitter.com.

Pishing adalah tindakan pengelabuan dan merupakan suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang tepercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik atau pesan instan. Laman resmi Twitter adalah https://twitter.com/login

4. Update aplikasi twitter dan pasang anti virus
Pasang aplikasi twitter terupdate agar aplikasi yang kita gunakan merupakan hasil pengembangan terakhir, ada baiknya aktipkan auto update agar proses update berasal dari patch yang resmi disediakan oleh twitter.

Terkadang hacker mengirim link mengatasnamakan patch pembaharuan aplikasi. Pastikan juga kalian melakukan scan perangkat secara rutin untuk mendeteksi virus, spyware, dan adware. Selalu update versi terbaru Twitter, anti-virus, browser dan sistem operasi di perangkat kalian.

5. Cek profile twitter mu
Pada suatu keadaan dimana hacker telah berhasil mengendalikan akun Twitter, mereka dapat mengirimkan twitt seolah berasal dari akunmu. Waspadai jika ada tweet yang mencurigakan. Tentu Anda akan mengingat hal-hal apa saja yang diposting pada akun twitter.

Demikian cara amankan akun twitter, semoga membantu dan selamat bersosialmedia dengan aman

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top