News

Bagaimana Mendapatkan Bantuan Kuota Belajar Jika Nomor HP Diganti

Pemerintah mengumumkan melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengumumkan bahwa pemberian subsidi kuota belajar untuk tahun 2021 dilanjutkan. Pada kesempatan itu Mendikbud Nadiem mengatakan pula bahwa bagi penerima subsidi bulan November-Desember tahun 2020 maka akan secara otomatis mendapatkan pula subsidi kuota mulai bulan Maret.

bantuan kuota pendidikan

Lalu bagaimana jika penerima bantuan subsidi kuota tahun lalu dalam hal ini siswa atau tenaga pengajar yang mengalami perubahaan pada nomor HP/ ponselnya atau belum pernah mendapatkan subsidi kuota? Nadiem menjelaskan bahwa untuk mereka mereka nantinya baru akan dapat menerima bantuan subsidi pada bulan April 2021.

Namun bagi siswa atau tenaga pengajar harus melapor ke pimpinan satuan pendidikan masing-masing, dalam hal ini sekolah atau satuan lebih tinggi, agar dapat menerima bantuan kuota pada bulan April.

“Jadi dipastikan untuk persiapan bulan April, bagi yang belum mendapatkan segera melapor ke pimpinan satuan pendidikan dan operator satuan pendidikan,” jelas Nadiem, dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube Kemendikbud RI, Senin (1/3/2021).

Nantinya, pimpinan operator di satuan pendidikan tinggal mengunggah Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) untuk nomor yang berubah atau nomor yang baru ke laman vervalponsel.data.kemdikbud.go.id atau pddikti.kemdikbud.go.id untuk jenjang lebih tinggi.

Bantuan kuota belajar dimaksud akan nantinya diberikan selama tiga bulan ke depan dimulai sejak bulan Maret 2021. Namun, besaran kuota dan kegunaan kuota belajar tahun 2021 sedikit berbeda dengan tahun 2020 lalu. “Di tahun 2021, kita akan memberikan kuota tapi dengan gigabyte yang lebih kecil dari kuota belajar sebelmnya, kuota ini merupakan kuota umum,” kata Nadiem. “Jadi bisa digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi kecuali aplikasi-aplikasi yang diblokir,” demikian jelasnya.

Berikut besaran paket bantuan internet untuk belajar Kemendikbud 2021:

  • Peserta didik PAUD (siswa) 7 GB/bulan
  • Peserta didik pendidikan dasar dan menengah (siswa) 10 GB/bulan
  • Pendidik PAUD, pendidikan dasar, dan menengah (guru) 12 GB/bulan
  • Mahasiswa dan dosen 15 GB/bulan

Pembatasan Penggunaan Bantuan Kuota Umum

Meskipun kegunaannya kuota umum lebih fleksibel bila dibandingkan kuota belajat tahun lalu, namun kuota umum yang diberikan tidak bisa digunakan untuk mengakses media sosial, seperti facebook, Instagram, Tiktok dan Twitter.

Selain itu Kuota utama juga tidak dapat dipakai untuk bermain game dan atau mengunjungi laman yang diblokir Kominfo. Akan tetapi masih bisa digunakan untuk mengakses platform lain penunjang PJJ, termasuk YouTube. mengingat, materi-materi pelajaran banyak yang dibagikan melalui YouTube.

Jadwal penyaluran subsidi kuota Umum

Kemendikbud akan memberikan batuan kuota umum ini selama tiga bulan berlangsung antara bulan Maret, April dan Mei 2021. Nadiem menyatakan bahwa kuota umum yang diberikan berlaku selama 30 hari sejak diterima, da disalurkan antaa Tanggal 11 sampai dengan 15 setiap bulannya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top